Jumat, 06 Mei 2011

Aplikasi Akses Email

Seperti telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya (baca tulisan membuat email), saat ini banyak domain yang  mengijinkan pengguna untuk mengambil e-mail kekomputer  dengan metode POP3 ( Post Ofiice Protocol ) dan/atau IMAP ( Internet Message Acces Protocol ) dan mengirimkan e-mail melalui SMTP (Simple Mail Transfer Protocol ) server mereka secara gratis.
Biasanya untuk melakukan pembacaan dan pengiriman email, yang sering digunakan oleh kebanyakan pemula adalah dengan membuka Web Mail yang berarti harus membuka halaman web dari penyedia layanan email tersebut.
Sebenarnya dengan adanya Metode POP3/IMAP dan SMTP, hal tersebut di atas dapat saja tidak perlu kita lakukan dalam hal apabila kita ingin melakukan pembacaan email dengan lebih effisien dan cepat, bahkan menulis balasan email dapat kita lakukan dalam kondisi offline sebelum kita mengirimnya. Untuk melakukan semua hal tersebut  diperlukan suatu aplikasi yang dinamakan Email Client.
Nama email client yang mungkin paling banyak dikenal oleh pengguna internet adalah Microsoft Outlook / Outlook Express, walaupun sebenarnya Outlook bukanlah satu-satunya email client yang ada, bahkan saat ini sangat banyak email client yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi web yang sangat powerfull.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar